Selasa, 25 September 2012

Pengembangan Aplikasi Telefon Selular berbasis Bluetooth, infra merah dan Wifi



                           
Orang membutuhkan komunikasi untuk menjaga hubungan dengan temannya, peralatan dan layanan-layanan telefon lainnya. Di antara peralatan elektronik yang banyak orang miliki dan gunakan adalah telepon selular yang sering dibawa dimanapun mereka berada.
Telepon Seluler atau Ponsel adalah salah satu alat komunikasi yang dapat dibawa kemana saja oleh pengggunanya. Dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat, ponsel saat ini tidak hanya digunakan untuk komunikasi suara, tetapi juga dapat membeli tiket, mencari berita, perbankan dan digunakan untuk berselancar di Internet, bahkan untuk mengoperasikan peralatan tertentu. Boleh dikatakan suatu saat nanti kemampuan telefon selular akan dapat menyamai kemampuan komputer yang ada saat ini. Dengan kemampuan CPU dan memory yang makin meningkat, semakin dimungkinkan bagi developer untuk mengembangkan aplikasi yang juga bersifat multimedia.

Bluetooth dan infra merah pada telefon selular merupakan teknologi yang telah lama muncul. Menyusul sekarang teknologi Wifi pada piranti tersebut. Akan tetapi aplikasi-aplikasi yang memanfaatkannya belum banyak digali. Umumnya aplikasi yang banyak muncul adalah untuk koneksi telefon selular ke headset atau komputer. Di lain pihak, saat ini penelitian terkait dengan bidang komunikasi bergerak  dan aplikasinya di Jurusan Teknik Elektro belum nampak menggairahkan. Oleh karena itu diharapkan dengan kegiatan penelitian tentang aplikasi telefon selular khususnya penggunaan bluetooth, infra merah dan wifi ini, yang diharapkan salah satu hasilnya adalah class library, akan semakin menggiatkan penelitian sejenis barbasis class class tersebut. Ini dimungkinkan karena bahasa pemrograman java adalah bahasa yang memakai konsep berorientasi objek.
1.      Bluetooth walkie talkie
2.      Sistem parkir berbasis bluetooth
3.      Telefon selular pengganti kartu elektronik (ATM, VISA, dll)
4.      Video chat melalui bluetooth
5.      Video chat melalui Wifi

Suatu saat nanti telefon selular betul betul merupakan suatu peralatan multifungsi yang selain untuk komunikasi juga untuk mengendalikan peralatan, mengkoordinasi peralatan dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar