Selasa, 25 September 2012

Kegunaan dan Penyalahgunaan Infrared


KEGUNAAN INFRARED DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Adapun kegunaannya dari Infra Merah dalam kehidupan sehari-hari :
1. Kesehatan
a. Meningkatkan metabolisme tubuh, yang mana dengan begitu dapat mengurangi beban liver dan ginjal.
b. Mengaktifkan molekul air yang terdapat dalam tubuh, sehingga apabila molekul yang ada dalam tubuh pecah maka akan ada molekul tunggal yang akan meningkatkan cairan tubuh.
c. Mengembangkan Ph dalam tubuh, yang mana dapat membersihkan darah. Juga dapat mencegah terjadinya rematik yang dikarenakan oleh tingkat asam urat yang tinggi.
d. Meningkatkan sirkulasi mikro, serta dapat memperbaiki sirkulasi darah serta mengurangi tekanan jantung yang berlebih.
e. Infra Merah jarak jauh dapat digunakan untuk alat kesehatan, yang man dapat memberikan informasi tentang kondisi tubuh yang sebenarnya.
f. Dapat digunakan untuk mengetahui suhu tubuh

2. Pada komunikasi
a. Terdapat system sensor Iinfra Merah yang dapat digunakan untuk menghubungkan dua perangkat. Yang mana sinar Infra Merah merespon Infra Merah yang dikirimkan melalui pemancar.
b. Terdapat kamera yang tembus pandang dengan menggunakan Infra Merah. Yang mana sinar Infra Merah memang tidak dapat ditangkap dengan mata telanjang, namun dengan menggunakan kamera digital atau hendycam sinar Infra Merah dapat tertangkap. Dengan begitu kamera digital dan hendycam akan meningkat.
c. Untuk pencitraan pandangan seperti nightscoop.
d. Digunakan untuk komunikasi jarak dekat, seperti pada remote TV.
e. Dapat digunakan sebagai alat komunikasi, yang mana jarak maximum adalah 10 meter dan tidak ada penghalangnya.
f. Sebagai salah satu standardisasi komunikasi tanpa kabel.
Adapun kelebihan yang dimiliki oleh Infra Merah dalam Pengiriman Data : 
 Dapat dilakukan kapan saja, tanpa membutuhkan sinyal.
 Pengirimannya sangat mudah karena termasuk alat yang sederhana.
 Pengiriman data melalui ponsel dengan menggunakan infra Merah tidak memakan biaya (gratis)
Adapun kelemahan yang dimiliki oleh Infra Merah dalam Pengiriman Data :
 Pada pengiriman data dengan infra merah, kedua lubang infra merah harus berhadapan satu sama lain. Hal ini agak menyulitkan kita dalam mentransfer data karena caranya yang merepotkan.
 Infra merah sangat berbahaya bagi mata, sehingga jangan sekalipun sorotan infra merah mengenai mata
Pengiriman data dengan infra merah dapat dikatakan lebih lambat dibandingkan dengan rekannya Bluetooth.

3. Padan bidang Industri
a. Lampu Infra Merah, Merupakan lampu pijar yang kawat pijarnya bersuhu di atas ±2500°K.
b. Pemanasan Infra Merah, Merupakan suatu kondisi ketika energi infra merah menyerang sebuah objek dengan kekuatan energi elektromagnetik yang dipancarkan di atas -273 °C (0°K dalam suhu mutlak).

4. Pada bidang Kerungan
Infra merah yang dipancarakan dalam bentuk sinar infra merah terhadap suatu objek, dapat menghasilkan foto infra merah. Foto infra merah yang bekerja berdasarkan pancaran panas suatu objek dapat digunakan untuk membuat lukisan panas dari suatu daerah atau objek. Hasil lukisan panas dapat menggambarkan daerah mana yang panas dan tidak. Suatu lukisan panas dari suatu gedung dapat digunakan untuk mengetahui dari zona bagian mana dari gedung itu yang menghasilkan panas berlebihan sehingga dapat dilakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan.

PENYALAHGUNAAN PENGGUNAAN INFRA MERAH
Dengan adanya teknologi pendukung yang semakin meningkat, maka semakin banyak pula orang-orang yang tidak berkepentingan adan tidak bertanggungjawab menyalahgunakan teknologi yang satu ini yaitu Infra Merah.
Padahal awalnya Infra Merah digunakan sebagai alat untuk menembus penghalang lapisan kulit yang digunakan oleh militer, yang diigunakan untuk mengintai musuh di malam hari. Teknologi yang ada mengakibatkan dua hal yaitu dapat menguntungkan dan merugikan pihak-pihak lain. Sebaiknya berwaspadalah terhadap penggunaan teknoloogi oleh orang-orang yang tidak berkepentingan.

3 komentar: