Selasa, 25 September 2012

Instalasi Jaringan Nirkabel Mode BSS

TUJUAN
Memahami tenatang BSS serta cara mengkonfigurasinya

ALAT DAN BAHAN
1. Wireless Router Linksys WRT54GL + adapter
2. UTP Straight cable
3. PC atau laptop untuk konfigurasi
4. PC atau laptop dengan wireless adapter sebagai client.


LANGKAH KERJA
1. Nyalakan PC sebagai console, dan lakukan konfigurasi IP Address sesuai dengan network IP Network dari Linksys WRT54GL.
2. Buka browser, misal: google chrome. Kemudian pada kolom http:// ketikkan IP default : 192.168.1.1 . Muncul dialog seperti gambar dibawah, isikan username :admin dan password : admin .

3. Setelah masuk ke sistem lakukan konfigurasi 




4. Pada Laptop client buka Network Connection melalui menu Control Panel, kemudian pilih Connect to a Network --> pilih Nama SSID dari AP (misal : kel-satu) --> dan Connect.

5. Apabila sudah terkoneksi, buka Wireless Network Connection Status --> pilih Details untuk melihat IP Address yang diperoleh Laptop clien

6. Agar lebih yakin, lakukan perintah ping ke gateway wireless ( ping 192.168.1.1 ) melalui aplikasi command prompt pada windows. Apabila "Reply" maka client telah terkoneksi dengan AP wireless, tetapi apabila "Request Time Out" maka terjadi kesalahan saat konfigurasi, dan sebaiknya lakukan pengecekan ulang.

7. Kemudian apabila kita (sebagai Admin ) ingin mengetahui siapa saja yang terhubung dengan Wireless Router WRT54GL, buka Tab Status --> pilih Local Network --> pilih DHCP Clients Table, maka akan tampil gambar dibawah ini.

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar